Beranda » Blog » Omah Kapal, bangunan kuno dengan arsitektur unik yang terlupakan

Omah Kapal, bangunan kuno dengan arsitektur unik yang terlupakan

Diposting pada 26 October 2012 oleh bodirkudus2 / Dilihat: 175 kali / Kategori:

Salah satu bangunan unik peninggalan kuno yang ada di kudus adalah Rumah Kapal atau Omah Kapal begitu masyarakat Kota Kudus menyebutnya. Omah Kapal adalah sebuah bangunan kuno yang dibangun pada zaman pendudukan Belanda di Indonesia. Omah Kapal terletak di Jl KHR Asnawi, kelurahan Damaran Kudus. bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang unik, dan mempunyai nilai arsitektur yang tinggi.

Menurut kisahnya rumah berbentuk kapal ini dibangun oleh seorang pengusaha rokok terbesar di Kudus pada masa itu, namanya M. Nitisemito. Kabarnya beliau terkenang pada perjalanan waktu naik haji ke Makkah dengan menggunakan kapal laut. Untuk mengenangnya, beliau membangun sebuah rumah berbentuk replika kapal yang persis dengan yang dia tumpangi sewaktu ke Makkah. Rumah dibangun dalam gaya arsitektur “modernisme” dengan sedikit pengaruh dari gaya “Streamline moderne” yang sangat ngetrend pada tahun 1930an.

Bangunan berbentuk kapal ini, gagah berdiri, dan pernah jaya pada zamannya, di tahun 1930an bangunan semacam ini merupakan banguan yang sangat hebat dan menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat kota kudus dan sekitarnya. bangunan ini menjadi salah satu landmark kota kudus saat itu

Tapi sangat disayangkan sekali bangunan ini tidak dilestarikan sampai sekarang, kondisi Omah Kapal saat ini sudah rusak parah dan pada akhirnya terlupakan. Foto kondisi Omah Kapal saat ini dapat dilihat pada foto berikut :



Bagikan ke

Omah Kapal, bangunan kuno dengan arsitektur unik yang terlupakan - Bordir Kudus

Komentar

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja