Beranda » Blog » Kebaya Indonesia

Kebaya Indonesia

Diposting pada 26 October 2012 oleh bodirkudus2 / Dilihat: 209 kali / Kategori:

Kebaya adalah lambang identitas dari bangsa Indonesia, meskipun terjadi perubahan bahan dan model namun bentuk yang dihasilkan masih sangat kental dengan ciri klasik kebaya Indonesia. Kebaya merupakan busana spesial yang sarat makna. Kebaya bermula sebagai blus tradisional yang dikenakan oleh wanita melayu yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni. Perjalanan panjang dari hanya sebagai identitas etnis menjadi busana resmi di berbagai acara. Kebaya Indonesia telah pengakuan dari dunia fashion sebagai busana kelas dunia dan menjadi milik dunia.

Kebaya awalnya dikenal sebagai busana yang kerap dikenakan oleh wanita Melayu. Namun, asal-usulnya hingga kini masih belum jelas. Ada terori yang menyatakan bahwa kebaya berasal dari bahasa Arab habaya yang berarti pakaiaan labuh dengan belahan di bagian depan. Tapi ada juga teori lain mengenai kebaya. Dipercaya kebaya berkaitan dengan pakaian tunik perempuan pada masa Kekaisaran Ming di Tiongkok ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat.

Kebaya merupakan salah satu jenis busana wanita Indonesia yang dianggap paling ideal dengan konsep feminitas dalam citra keanggunannya. Metamorfosa ide dan kreativitas telah menyulap sebuah kebaya menjadi busana dengan tampilan yang eksotis dan menarik. Menonjolkan nuansa etnis dalam keanggunannya menyebabkan pesona wanita yang mengenakannya menjadi elegan dan sangat feminis, menyempurnakan setiap momen kenikmatan dan kebahagiaan para penggunanya.

Acara pernikahan, pertemuan formal kenegaraan, hingga acara-acara eksklusif yang mengusung citra Indonesiadari yang formal maupun nonformal banyak yang mewajibkan kebaya sebagai kode busananya. Perubahan besar dalam pemakaian kebaya juga diikuti dengan pemanfaatan bahan bakunya. Seiring dengan perkembangan zaman, kebaya pun mengalami perubahan dari sisi bahan dasar. Kebaya tidak hanya sekedar terbuat dari organdi dan katun, melainkan sudah mulai merambah ke bermacam-macam kain modern seperti sutera, sifon, shantung, lace, dan lain-lain. Teknik bordir, sulaman, renda, pilin, lipit, layer, dan quilt ikut meningkatkan kemegahan sebuah kebaya. Demikian juga penambahan material-material mewah seperti payet, kristal, batu-batu mulia, dan aksesoris lainnya. Kebaya Indonesia muncul lewat siluet feminim yang mampu membalut tubuh wanita dengan sempurna. Tampilan yang anggun dan indah dipandang.

Perubahan dan modernisasi bahan dan model telah melahirkan kebaya-kebaya eksotis. Kebaya tidak lagi sekedar hanya sebuah kain yang menempel di tubuh, tetapi kebaya-kebaya yang memiliki jiwa. Kebaya-kebaya ini membuat sang pemakainya menjadi semakin menonjol, memamerkan sebuah kecantikan yang sempurna, elegant dengan nuansa natural dan klasik, khas INDONESIA.

bordirkudus.com juga mempersembahkan koleksi kebaya dengan hiasan bordir khas yang merupakan bagian dari kerajinan traditional dan dikerjakan oleh perajin-perajin bordir di kabupaten kudus yang dapat anda lihat disini..

Bagikan ke

Kebaya Indonesia - Bordir Kudus

Komentar

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman ini.

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Raisa
● online
Raisa
● online
Halo, perkenalkan saya Raisa
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja